Tips Menghindari Alat Panjat Oplosan - (Bagian 2)

Gambar140
[05 Nov 2014]

Menghadapi berbagai bentuk kecurangan para pedagang yang dapat berdampak fatal tersebut, kita perlu melakukan hal berikut untuk menghindarinya:

  1. Hanya beli pada toko atau pedagang yang jelas identitas dan sejarah perdagangannya. Pastikan bahwa mereka mempunyai koneksi hingga ke pembuat alat, karena alat yang terbukti gagal dapat dengan mudah dilacak hingga ke toko atau pedagang tersebut yang akan menghubungi pembuat untuk bertanggungjawab jika alat mereka mengalami kegagalan. Sejatinya setiap pembuat alat mempunyai asuransi tanggungjawab produk yang akan memberi penggantian jika ada kerugian atau kematian akibat kegagalan alat.
  2. Periksa setiap alat yang dibeli satu-per-satu, ya one-by-one! Metode sampling tidak baik digunakan dalam kasus ini karena nyawa adalah taruhannya. Hal ini memang melelahkan terlebih jika kita tidak mempunyai keahlian yang memadai pada alat panjat yang banyak jenisnya tersebut. Ketelitian kita akan sangat berguna dalam menghindari kecelakaan fatal.
  3. Pastikan setiap alat mempunyai sertifikat dari pembuat, alat yang tidak mempunyai sertifikat dari pembuat patut dicurigai adalah barang palsu atau barang pasar gelap yang jika terjadi kegagalan alat sangat mungkin pembuat tidak akan bertanggungjawab. Sertifikat dari pembuat harus selalu dekat dengan alatnya.
  4. Minta bantuan orang yang mempunyai pengalaman, keahlian, dan pemahaman yang mumpuni tentang standar alat panjat untuk memeriksa keaslian peralatan saat barang diterima. Seringkali pedagang mengganti barang tertentu dengan jenis lainnya dengan dalih bahwa barang pengganti dapat digunakan untuk tujuan yang sama, padahal banyak alat yang sama dibuat untuk tujuan berbeda misalnya ada karabiner menggunakan standar untuk digunakan pada kegiatan panjat tebing petualangan (mountaineering) dan karabiner yang hampir sama bentuknya tapi menggunakan standar untuk digunakan pada kegiatan kerja pada ketinggian (work at height). Dengan bantuan seorang yang ahli bisa jadi kerja pemeriksaan alat jadi lebih singkat dan efektif.

Tulisan ini semoga membantu mengingatkan para calon pembeli alat untuk berhati-hati dengan alat panjat yang akan dibelinya, dan buat para pedagang yang selama ini telah melakukan kecurangan semoga diberi petunjuk untuk bertobat dan tidak mengulangi kegiatan curangnya yang tidak cuma merugikan tapi juga membahayakan jiwa manusia (Habis).