Panjat Tebing Untuk Pemula (Bagian 1) - Bouldering

Gambar75
[10 May 2014]

Panjat tebing adalah suatu kegiatan yang sangat menantang. Ada tebing tinggi tegak lurus dapat dipanjat oleh para pemanjat tebing ketika semua orang akan angkat tangan melihat tegaknya tebing.

Panjat tebing bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak peduli kondisi fisik yang dimiliki oleh sesorang. Berdasarkan pengalaman, anak dengan usia 3 tahun sudah dapat melakukan pemanjatan dengan pegangan yang diatur berjarak 30-an cm. Untuk para difabel juga gak perlu khawatir, karena sudah banyak pemanjat difabel yang melakukan pemanjatan tebing. Bahkan ada kejuaraan dunia panjat tebing dikenal dengan sebutan para-climbing rutin dilakukan setiap tahun.

Melakukan Panjat Tebing Sederhana

"Gimana sih untuk bisa melakukan pemanjatan buat saya yang belum pernah memanjat tebing?"

Untuk dapat melakukan pemanjatan pada tebing batu ada tiga hal penting yang perlu diketahui oleh kita yang baru mau mengenal kegiatan panjat tebing, yaitu:

  1. fisik yang prima,
  2. kemampuan teknik yang terlatih, dan
  3. peralatan pengaman pemanjatan yang mencukupi.

Ketiga hal tersebut sangat dipengaruhi oleh ketinggian tebing dan tingkat kesulitan jalur pemanjatan yang akan dipanjat.

Sebelum melakukan pemanjatan, kita harus melakukan latihan fisik antara lain:

  1. jogging 15-30 menit, minimal seminggu dua kali. jogging ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh mengolah pembakaran energi tubuh secara aerobik (pembakaran kalori dengan pernapasan) yang berguna untuk melakukan pemanjatan pada jarak pemanjatan yang panjang.
  2. pull up (dengan telapak tangan menghadap ke depan) 5-10 hitungan, minimal sehari 3 kali. kegiatan ini untuk melatih tubuh mengolah energi secara enaerobik, yang terkait dengan kekuatan kita mengangkat tubuh ketika diperlukan saat pemanjatan.
  3. peregangan (streching), lakukan sebelum dan sesudah jogging. tubuh yang kuat tapi tidak lentur akan sia-sia ketika melakukan pemanjatan, karena ketika memanjat melibatkan hampir semua anggota tubuh (tangan, kaki, perut dan lainnya).

Memanjat Bouldering

Setelah latihan fisik dilakukan dua minggu, dapat dilakukan pemanjatan pada jalur dengan ketinggian maksimal 3 (tiga) meter dari permukaan tanah dan mempunyai poin atau rekahan yang mudah untuk dipegang atau dipijak dengan eknik pemanjatan bouldering (memanjat kearah samping kiri-kanan). Kendalikan diri untuk tidak terpancing untuk menaikkan ketinggian pemanjatan boldering tanpa pengaman lebih dari tiga meter karena sangat berbahaya.

Pemanjatan bouldering ini dapat dilakukan pada tebing alam, dinding rumah atau batang pohon besar yang dipasangi pegangan dan pijakan. Bahkan ada yang melakukan di dinding jembatan yang menggunakan batu kali. Teknik pemanjatan ini akan melatih kemampuan fisik sekaligus ketrampilan kita untuk menemukan pegangan atau pijakan yang akan kita ambil untuk gerak kita selanjutnya.

Perlu diingat bahwa dalam melakukan kegiatan panjat tebing harus dilakukan minimal oleh dua orang, hal ini bertujuan untuk saling mengingatkan satu-sama lain untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Pada beberapa rekaman video yang ada pada Layar Video web ini, ditampilkan bagaimana anak-anak melakukan pemanjatan bouldering dilakukan pada dinding yang telah diberi pegangan dan pijakan.

Bersambung..