Berita Terbaru

Image-337
[16 Sep 2018] Fun Climb di Anyer Krakatau Culture Festival 2018

Hari minggu kemarin (16/9) Komunitas Panjat Tebing Merah Putih berpartisipasi di acara Anyer Krakatau Culture Festival 2018 dengan menggelar kegiatan fun climb dengan mendirikan tiga dinding panjat  

Kegiatan fun climb kita ternyata menarik minat masyarakat yang cukup tinggi, karena acara manjat yang cuma seharian itu diikuti oleh sekitar 300 pemanjat dari berbagai usia. 

Peminat fun climb datang dari berbagai tempat di sekitar kegiatan yang berlokasi di Pantai Anyer Banten termasuk juga para turis yang kebetulan sedang berwisata di pantai tersebut. 

Image-329
[08 Sep 2018] Sekolah Panjat Tebing ke-117 di Citatah Jawa Barat

Minggu lalu 31 Agustus - 1 September Sekolah Panjat Tebing Merah Putih telah melakukan kegiatan sekolah angkatan ke-117. Kegiatan berlangsung di Citatah, Kab Bandung Barat, Jawa Barat. 

Kegiatan sekolah diikuti oleh 75 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan dibimbing oleh instruktur panjat tebing Merahputih.

Setelah mengikuti sekolah panjat tebing ini, diharapkan peserta dapat mempraktikkan materi yang telah diberikan dan melakukan kegiatan panjat tebing yang aman dan menyenangkan.

Image-328
[31 Aug 2018] Jembatan Jalur Evakuasi Lahar Merapi

Saat berita ini ditulis, teman-teman VRI sedang berada di Dusun Jrakah, Desa Klakah Kab Boyolali, Jawa Tengah tepatnya di kali Gunung Merapi untuk memulai proses pembangunan jembatan gantung di atas Sungai Kluweh. 

Jembatan yang ada dibangun menggunakan konstruksi tiang bambu bertumpu pada batu yang ada di dasar sungai, sehingga jika tetjadi banjir lahar G Merapi maka jembatan pun terbawa lahar dan masyarakat Dusun Jrakah, Desa Klakah pun akan kesulitan dievakuasi jika terjadi erupsi G Merapi. 

Atas permintaan masyarakat di dusun tersebut, VRI mengerahkan segala upaya untuk membantu masyarakat menyediakan jembatan gantung yang akan menggunakan tebing di atas sungai sebagai angkot penyangga jembatan, yang tentunya akan lebih aman dari arus banjir lahar.  

Pembangunan melibatkan personil VRI dari beberapa wilayah seperti Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Barat dibantu oleh masyarakat sekitar jembatan. Direncanakan pembangunan jembatan dengan bentang sekitar 60m itu akan selesai dalam 7-8 hari. 

Image-327
[27 Aug 2018] 3 Emas Asian Games Indonesia dari Panjat Tebing

Para pemanjat Indonesia mempersembahkan 2 (dua) emas lagi pada Asian 2018 yaitu dari nomor kecepatan estafet putra dan putri, setelah sebelumnya medali emas diraih oleh pemanjat kecepatan putri Aries Susanti Rahayu 4 hari lalu.

Muhammad Hinayah, Abu Dzar Yulianto, Rindi Sufriyanto, dan Veddriq Leonardo yang tergabung dalam tim Indonesia 2 mengalahkan tim Indonesia 1 berkekuatan Aspar Jailolo, Sabri, Alfian Muhammad Fajri, dan Pangeran Septo Wibowo Siburian. Kedua tim memastikan all Indonesian finals setelah mengalahkan tim-tim Tiongkok. 

Sedangkan untuk nomor kecepatan estafet putri tim Indonesia berkeluatan Aries Susanti Rahayu, Puji Lestari, Rajiah Sallsabillah dan Fitriyani berhasil mengalahkan tim Tiongkok di babak final untuk meraih medali emas ketiga Indonesia dari cabang panjat tebing. Dengan tambahan dua medali emas malam ini Indonesia secara total telah meraih 22 medali emas dan berada di peringkat 4 klasemen umum Asian Games 2018. 

Selamat untuk seluruh tim panjat tebing Indonesia atas raihan membanggakan ini. 

Image-323
[24 Aug 2018] 100 Meter Jembatan ke-63 di Kab Luwuk Banggai Sulteng

Hari ini (24/8) beberapa teman VRI sedang melakukan finishing jembatan ke-63 dengan bentangan tidak kurang dari 100 di atas Sungai Ombulo, Dusun Tombiobong, Desa Maleo Jaya, Kec Batui Selatan, Kab Luwuk Banggai, Sulawesi Selatan.

Jembatan ini berhasil diselesaikan dalam waktu 11 hari sejak tanggal 14 Agustus lalu. Pembangunan melibatkan berbagai unsur masyarakat dan TNI yang ada di Sulawesi Tengah.

Setelah jembatan ini kita sedang bersiap untuk jembatan berikutnya berlokasi di kaki Gunung Merapi, Jawa Tengah.

Image-322
[23 Aug 2018] Emas Indonesia Persembahan Panjat Tebing

Aries Susanti Rahayu berhasil menorehkan namanya dengan tinta emas setelah berhasil meraih medali emas cabang panjat tebing pada Asian Games ke-18 2018 di Palembang. Pada nomor speed Aries dengan catatan waktu yang dibuatnya 7.61 ‘terpaksa’ mengalahkan pemanjat tebing indonesia lainnya  Puji Lestari (7.98) yang meraih meraih perak. Keduanya berhasil mengalahkan lawan-lawan mereka sehingga terjadi all Indonesian final.

Catatan emas ini menjadi raihan emas pertama Indonesia untuk semua cabang olahraga yang digelar di Palembang, 7 medali emas lain yang telah diraih adalah dari semua cabang yang digelar di Jakarta yang juga sebagai tuan rumah  Asian Games ini.

Di nomor speed putra pemanjat Aspar Jailolo meraih perunggu dengan emas dan perak direbut pemanjat Iran dan Tiongkok. 

Dengan masih akan berlangsungnya beberapa nomor hingga akhir beberapa hari ke depan, pemanjat Indonesia masih berpeluang meraih minimal 2 emas lagi. Mari kita doakan semoga panjat tebing Indonesia mampu berjaya secara maksimal. 

Foto: Medcom.id/A Firdaus

Image-319
[28 Jul 2018] Jembatan Sungai Cipami Purwakarta

Saat berita ini ditulis, Tim Ekspedisi 1.000 Jembatan VRI sudah memasuki hari ke-4 pembangunan jembatan gantung yang membentang diatas Sungai Cipami Kab Purwakarta. 

Kegiatan pembangunan jembatan dengan bentangan sekitar 50m ini melibatkan para pemanjat dari Garut, Banten, Jakarta, Banjar dengan dibantu oleh masyarakat sekitar lokasi jembatan. 

Diharapkan jembatan dapat selesai dan diserahkan kepada masyarakat desa sekitar jembatan pada hari Minggu besok. 

Image-317
[28 Jul 2018] Jembatan ke-60 Sungai Cipalebuh Garut

Hanya berjarak dua minggu setelah Idul Fitri Jembatan ke-60 diatas Sungai Cipalebuh, Kec Cisompet, Kab Garut pada tanggal 21 juli 2018 berhasil diselesaikan, selanjuynya diserahterimakan kepada masyarakat pengguna.

Jembatan dengan bentangan sekitar 40m ini merupakan donasi dari Komunitas SUV Korea Brotherhood dan dibangun oleh Vertical Rescue Indonesia, Pendaki Serbu Yonif Raider 303 SSM Kostrad, Koramil Cisompet dan masyarakat setempat.

Image-315
[10 Jun 2018] Lebaran di Jembatan ke-55 Sinjai Sulawesi Selatan

Ketika semua yang lain di seantero Nusantara pada mikir mudik, beli baju, bikin kue dan ketupat serta silaturahmi lebaran Idul Fitri yang tinggal 4 hari lagi,  eh ini temen-temen VRI malah masih mikirin keselamatan orang yang akan menyebrangi sungai. Agar mereka bisa pergi ke rumah sanak saudara di sebrang sana dengan selamat, agar anak sekolah nanti tidak perlu lagi bertaruh nyawa ketika hendak pergi dan pulang dari sekolah.

Ya, pagi ini pembangunan jembatan gantung di Desa Sukamaju, Kec Tellu Limpoe, Kab Sinjai, Sulsel akan melakukan pembuatan pondasi dead-man. Kegiatan dilakukan bersama dengan tim dari Kodim 1424 Sinjai dibantu oleh masyarakat sekitar jembatan. Pembangunan jembatan dapat terjadi karena viralnya video anak-anak SD 193 Jenna harus bertarung dengan derasnya sungai untuk berangkat sekolah dua minggu lalu.

Kita semua tergerak untuk menyatukan kemampuan yang kita miliki dan hari ini telah memasuki hari kedua proses pembangunan jembatan yang akan membentang sekitar 65 meter diatas sungai. Ya, semoga sebelum hari raya besok jembatan sudah selesai dan bisa digunakan. 

Semoga pikiran dan aktivitas gila kita ini diridhai oleh Yang Maha Penyayang.