Berita Terbaru

Image-258
[20 Mar 2018] Pelatihan K3 Bekerja pada Ketinggian

Pada tanggal 19 Maret kemarin Vertical Rescue Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi Kerja pada Ketinggian Indonesia mengadakan pelatihan berbasis kompetenai K3 Bekerja pada Ketinggian tingkat Teknisi-1. Pelatihan angkatan ke4 ini diikuti oleh 16 peserta dan berlangsung di Markas TRC BPBD DI Yogyakarta. 

Dengan mengikuti pelatihan ini peserta akan mempunyai pengetahuan, kemampuan dan sikap kerja yang baik yang sangat diperlukan ketika melakukan kerja pada ketinggian sebagai teknisi 1. 

Pelatihan tersebut diadakan sebagai persiapan untuk mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi K3 Indonesia, suatu lembaga sertifikasi resmi yang telah mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

Logo257
[07 Mar 2018] Panjat Tebing di Tebing Batu Lawang

Pada tanggal 23-25 Februari 2018 bertempat di lokasi wisata Tebing Batu Lawang, Desa Cupang, Kec. Gempol, Kab. Cirebon, Jawa Barat telah dilaksanakan Sekolah Panjat Tebing Angkatan 104 yang diikuti 32 peserta latih, mayoritas peserta latih adalah pemuda di sekitar lokasi pelatihan.

"Setelah sekian lama Kawasan Tebing Batu Lawang ini dijadikan lokasi kegiatan panjat tebing, baru dua kali para pemuda kami dapat merasakan pelatihan panjat tebing bahkan beberapa pemuda baru mengenal apa itu kegiatan panjat tebing" demikian diungkapkan Kang Nur, Ketua Karang Taruna Desa Cupang.

Dengan diadakannya kegiatan sekolah ini, diharapkan dapat memaksimalkan potensi Tebing Batu Lawang sebagai lokasi kegiatan panjatbtebing baik petualangan, olahraga, wisata, atau pendidikan.

Sampai jumpa pada ekspedisi selanjutnya, tetap semangat !!! EKSPEDISI !!!

Logo256
[01 Mar 2018] Sekolah Vertical Rescue Angkatan 103 Tebing Lembah Harau

Bertempat di Kawasan Tebing Lembah Harau, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat telah diselenggarakan Sekolah Vertical Rescue. Kegiatan berlangsung pada tanggal 16-18 Februari 2018 yang diikuti 34 peserta.

Tujuan sekolah ini adalah untuk meningkatkan kapasitas (capacity building) alumni Komunitas Panjat Tebing Merah Putih Wilayah Lembah Harau agar mempunyai kualifikasi Vertical Rescuer.

Latihan berjalan penuh semangat dan keakraban serta kegembiraan walau disore hari lokasi pelatihan diguyur hujan. Diharapkan dengan adanya peningkatan kapasitas alumni kita ini dapat menjawab kebutuhan tugas di medan operasi.

Tetap semangat !!!

EKSPEDISI !!!

Image-254
[28 Feb 2018] Vote for Kick Andy Heroes 2018

Bantu vote TEDI IXDIANA di ajang Kick Andy Heroes 2018 untuk memberi semangat kepada Tim Ekspedisi 1000 Jembatan Gantung untuk Indonesia!
Karena tanpa dorongan semangat dari masyarakat, Tim tidak akan sampai di titik ini. Sebarkan semangat untuk Indonesia!!!

Caranya : 
klik link ini, lalu klik “vote” setelah isi data diri..
 

Image-252
[08 Feb 2018] Pelatihan Kerja pada Ketinggian Angkatan ke-3

Kemarin (7 Feb) Vertical Rescue Indonesia (VRI) melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi kerja pada ketinggian tingkat dasar angkatan ke-3 di Markas VRI Bandung, Jawa Barat. Pelatihan terlaksana atas kerjasama Komunitas Panjat Tebing Merah Putih/VRI dengan Asosiasi Kerja pada Ketinggian Indonesia (AKPKI).

Pelatihan diikuti oleh 11 (sebelas) peserta yang datang dari Kota Lampung, Kota Solo (Jawa Tengah), Kabupaten Garut, dan Kota Bandung. Pelatihan dibuka oleh Sekertaris Umum AKPKI Rachwa Siswanthoni. "Diharapkan pada tahun 2018 ini kerjasama ini dapat memberikan pelatihan kepada minimal 2.000 pekerja pada ketinggian" ujar Rachwa saat memberikan sambutan pembukaan kegiatan.

Pelatihan ini dapat dimanfaatkan oleh para pekerja atau calon tenaga kerja yang ingin mencari nafkah pada proyek-proyek di ketinggian seperti proyek infrastuktur, pembangunan apartement, pemasangan kabel listrik tegangan tinggi, proyek jaringan telekomunikasi dan sektor lainnya. Dengan pelatihan ini pekerja akan dilatih untuk mempunyai pemahaman, keahlian dan sikap kerja yang dibutuhkan pada kegiatan kerja yang mempunyai potensi jatuh. Untuk peserta yang datang dari luar kota Bandung VRI menyediakan akomodasi secara cuma-cuma.

Logo246
[12 Dec 2017] 12.12 Lustrum 1 Komunitas Kita

Hari ini 12 Desember 2012 tepat 5 tahun lalu adalah tanggal kelahiran komunitas kita, Komunitas Panjat Tebing Merah Putih. Tanggal yang secara resmi tertera di akte notaris organisasi.

Komunitas kita ini lahir karena tuntutan kebutuhan wadah penggiat kegiatan panjat tebing yang modern, menyenangkan dan menyejahterakan di tengah dinamika sosial politik masyarakat yang bergerak semakin cepat.

Panjat tebing sebagai suatu jenis kegiatan yang hakikatnya menuntut tingkat akurasi ketelitian, kedisplinan dan dan keselamatan yang sangat tinggi namun disisi lain kegiatan ini haruslah tetap menyenangkan dan menuntun pelakunya merengkuh kesejahteraan hidup, yang mungkin berbeda sangat jauh dengan kegiatan luar-ruang lain, membutuhkan organisasi yang tentunya tidak sama lagi dengan filosofi organisasi luar-ruang lain yang telah lahir duluan. Itulah sekilah cerita latar belakang kenapa organisasi ini lahir.

DI tengah perjalanan, berbagai bentuk kegiatan lahir. Dari hanya bergerak meneruskan tradisi hingga kegiatan yang sama sekali baru dijalankan untuk sepenuhnya memberi manfaat kepada sebanyak mungkin masyarakat. Pelatihan panjat tebing, vertical rescue, dan panjat tebing militer, pembuatan jalur pemanjatan, pendataan tebing dan paling kini, setidaknya per hari ini 40 jembatan gantung telah berhasil dibentangkan di berbagai sungai yang membantu aktifitas masyarakat pedesaaan di berbagai wilayah tanah air, jelas angka ini masih jauh dari target misi kita di awal pergerakan yaitu 1.000 Jembatan untuk Indonesia.

Dirgahayu..! Semoga di usia yang telah melewati balita nanti komunitas kita akan semakin bermanfaat untuk orang lebih banyak lagi.

Image-244
[27 Nov 2017] Sekolah Panjat Tebing Angkatan-95

Bertempat ke kawasan panjat tebing Batu Tumpang Kab Garut Jawa Barat, Komunitas Panjat Tebing Merah Putih menyelenggarakan Sekolah Panjat Tebing Angkatan-95. Kegiatan yang berlangsung 24-26 Nopember 2017 diikuti oleh para prmanjat tebing dati berbagai daerah di Indonesia. 

Setelah mengikuti pelatihan panjat tebing tersebut, peserta diharapkan dapat mengaplikasikan kegiatan memanjat tebing yang mengutamakan keselamatan untuk menikmati sisi kesenangan dari kegiatan panjat tebing. 

Foto: Seluruh peserta dan instruktur sekolah panjat tebing angkatan-95. 

Image-243
[04 Nov 2017] Jembatan ke-38 Pangandaran

Saat ini kita sedang melakukan pembangunan jembatan ke-38 di atas Sungai Cikembulan, Kab  Pangandaran, Jawa Barat. Jembatan dengan bentangan sekitar 50 telah mulai dikerjakan sejak hari Jumat kemarin, diharapkan besok Minggu bisa selesai dan bisa dipergunakan sehingga pada hari Senin anak-anak yang berangkat sekolah tidak perlu lagi turun ke sungai yang membahayakan jiwanya. 

Pada foto terlihat personil 1.000 Jembatan VRI sedang membuat deadman yang akan menjadi inti dari jembatan gantung Merah Putih. 

Image-239
[08 Oct 2017] Manjat di Vietnam

Vietnam ternyata punya banyak tempat bagus untuk panjat tebing, terutama di bagian utara tepatnya di Kepulauan Cat Ba dan Teluk Halong. Awal minggu ini kita mempunyai kesempatan melakukan eksplorasi ke Kepulauan Cat Ba yang berjarak sekitar 4 jam menggunakan bis dan ferry dari Kota Hanoi. 

Meliuk-liuk jalan nan mulus selepas turun dari ferry, kita sampai di tempat wisata Cat Ba. Terlihat banyak turis dari berbagai negara lalu lalang di jalan tepi pantai yang dipenuhi hotel-hotel dengan pemandangan dermaga pelabuhan dan restoran apung. 

Setelah menginap semalam di hotel menghadap laut yang bertarif tidak lebih dari US$15, kita bergerak ke kawasan pemanjatan yang diberi nama Hidden Valley menggunakan taksi dengan biaya sekitar Rp.20.000,- saja. Tebingnya sendiri hanya dapat dicapai dengan tambahan berjalan kaki sekitar 30 menit dari akhir jalan beraspal. 

Tebing overhang limestone dengan ketinggian selitar 100m membentang dengan lebar sekitar 500m. Terdapat sekitar 60 jalur panjat tebing dengan tingkat kesulitan beragam antara 5.9-5.12. Dekat dengan tebing banyak tumbuh pohon jeruk bali dan apel vietnam yang jika sedang musim buah pasti menyenangkan untuk didatangi. Sangat direkomendasikan untuk melakukan kegiatan lebih besar seperti pembuatan jalur baru untuk mempererat hubungan dengan komunitas pemanjat tebing Cat Ba. 

Image-238
[28 Sep 2017] Jembatan ke-35 Sungai Cisanggarung Kab Cirebon Jawa Barat

Saat ini Tim 1.000 Jembatan Gantung utk Indonesia Vertical Rescue Indonesia sedang mengerjakan prmbangunan jembatan ke-35 di diatas Sungai Cisanggarung Kec Cileduk Kab Cirebon Jawa Barat. Bentang jembatan diperkitakan sepanjang 125m dan lebar 1.5m diatas sungai selebar 50m. 

Diperkirakan jembatan ke-35 ini akan dapat digunakan oleh masyarakat sekitar 3 hari lagi, bentangan kabel dan penyangga pegangan, yang merupakan bagian tersulit telah terpasang, yang tersisa saat ini adalah proses pemasangan gelagar utk lantai penyebarangan. Proses pembuatan jembatan sendiri telah dimulai 3 hari lalu.  Tim melakukan kegiatan pembuatan jembatan sejak pagi hingga malam hari, karena kita sadar dengan segera tersedianya jembatan akan memperkecil kemungkinan orang hanyut terbawa arus ketika menyebrangi sungai.

Selanjutnya setelah selesai jembatan ke-35 ini, tim akan bergerak ke perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah untuk membangun jembatan ke-36 di sana. Terima kasih kepada seluruh rekan-rekan dan simpatisan yang telah terlibat di proyek yang telah berjalan hampir 11 bulan.