Berita Terbaru

Image-131
[28 Oct 2014] Mimpi Besar di Tebing Nglanggeran Wetan

Setelah beberapa jalur pemanjatan pada sisi barat Kawasan Gunung Api Purba dibuat beberapa tahun lalu dan dipergunakan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pemanjatan, ketika sedang berlangsung pelatihan vertical rescue di sisi kulon kita bergerak melakukan survey ke tebing lain yang ada di kawasan yang sama, namun berada pada sisi sebelah timur.

Teridentifikasi setidaknya ada beberapa tebing besar yang potensial untuk pembuatan jalut pemanjatan dengan panjang dan tingkat kesulitan beragam. Ada Gunung Buchu yang mempunyai ketinggian sempurna hampir 200m dengan permukaan pemanjatan yang sangat luas. Selain itu ada juga Gunung Karawang yang terpisah dari kawasan utama namun berada hanya beberap meter saja dari tepi jalan utama kawasan Nglanggeran. 

Dibutuhkan usaha yang sangat besar dari sisi tenaga, keahlian, biaya, dan waktu untuk mengembangkan Kawasan Nglanggeran menjadi suatu kawasan pemanjatan tebing yang prestisius, untuk itu kerjasama dan koordinasi berbagai pihak  menjadi kunci yang sangat penting dalam mencapai maksud tersebut. Masyarakat di sekitar kawasan pun harus dilibatkan secara aktif agar pengembangan kawasan panjat tebing dapat berjalan berkesinambungan. 

Foto: Pemandangan dari sisi selatan dasar G Buchu. 

Image-126
[26 Oct 2014] Pelatihan Vertical Rescue di Tebing Langgeran

Mulai kemarin (25/10) dilaksanakan Pelatihan Vertical Rescue Tingkat Dasar di Kawasan Gunung Langgeran Kab DI Yogyakarta.

Pelatihan diikuti oleh 35 peserta dari pelaku SAR DIY, dan unsur pemuda masyarakat sekitar Kawasan Wisata Gunung Api Purba Langgeran. Pelatihan juga didukung oleh Badan Vertical Rescue Federasi Panjat Tebing Indonesia.

KPT Merah Putih mengerahkan 6 instruktur untuk memastikan pelatihan berjalan lancar. Rencanananya Ketua Umum FPTI akan mengunjungi lokasi pelatihan pada hari ini.

Image-123
[22 Oct 2014] Paket Sembako Untuk Warga Cihuni Gn Parang

Pembagian paket sembako untuk 180 keluarga Desa Cihuni Gn Parang Kab Purwakarta oleh KPT Merah Putih dan alumni Sekolah Panjat Kab Purwakrta yang dilakukan pada 20 Oktober lalu yang bertepatan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kala oleh MPR RI. 

Pembagian sembako tersebut yang dibarengi dengan pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu bentuk kegiatan Peduli Tebing 2014 KPT Merah Putih. Kegiatan tersebut didukung oleh Srikandi Nusantara serta AMP FK Unpad. 

Image-122
[22 Oct 2014] Pemberian Paket Buku Tulis Anak-anak Cihuni

Sebagai rangkaian dari kegiatan Peduli Tebing 2014 KPT Merah Putih diadakan pengadaan air bersih bagi warga Desa Cihuni Gn Parang, dilakukan juga pemberian bantuan kepada anak-anak sekolah milai dari sekolah dasar hingga SLTA sebanyak 100 anak. Paket yang diberikan berisi buku dan alat tulis yang setidaknya dapat meringankan orang tua mereka. 

Pemberian paket dilakukan di Lapangan Desa Cihuni berhadapan langsung dengan Gn Parang pada hari Minggu 19 Oktober lalu dihadiri oleh para tokoh masyarakat Desa Cihuni didukung oleh Srikandi Nusantara dan para alumni Sekolah Panjat Tebing Merah Putih yang berdomisili di Kab Purwakarta. 

Image-116
[13 Oct 2014] Air Bersih Desa Cihuni, Selangkah Lagi

Ya, selangkah lagi fasilitas air bersih Desa Cihuni Kawasan Gunung Parang akan mempunyai solusi berkesinambungan setelah bak penampungan yang ada di sebelah barat Desa Cisarua selesai dibuat. Debit air yang masuk bak penampungan ini sekitar 82,5 ml/detik saat survey lokasi dilakukan saat ini yang sedang musim panas dimana hampir 90% sawah mengalami kekeringan. Jika setiap orang perlu 2 liter air untuk minum sehari drngan jumlah penduduk yang mencapai 600 jiwa maka sumber air tersebut sebetulnya lebih dari cukup untuk menutupi kebutuhan dasar air minum jika diatur dengan bijaksana dan aturan yang tujuannya baik buat semua itu ditaati oleh semua warga desa.

Langkah yang masih tersisa adalah pembuatan bak penampungan di atas masjid jami Desa Cihuni (sebagai tempat tertinggi dari seluruh bangunan yang ada) dan distribusi penggunaan air untuk wudhu, air minum dan mandi-kakus yang mulai dikerjakan secara gotong royong oleh warga desa didukung oleh KPT Merah Putih yang ada di wilayah Purwakarta. Kita berharap seluruh proses pembangunan yang tersisa berjalan sesuai harapan dan tidak mengalami hambatan sehingga dapat diselesaikan dan diresmikan dengan acara syukuran pada hari Senin 20 Okt 2014.