Berita Terbaru

Image-165
[14 Mar 2015] Sosialisasi Keselamatan Panjat Tebing di Cirebon

Mulai hari ini (14/3) pukul 9 pagi tadi, KPT Merah Putih melakukan kegiatan Sosialisasi Keselamatan Panjat Tebing kepada komuniitas pemanjat tebing yang ada di Jawa Barat WIlayah 3 yang meliputi Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Kegiatan hari ini dipusatkan di Tebing Panjat Buatan Muhammadiyah, Kota Cirebon dan direncanakan akan berakhir besok setelah melakukan di Tebing Cubang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 20 pemanjat dari beberapa komunitas yang ada di Jabar wilayah ini.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan persiapan untuk menyelenggarakan Sekolah Panjat Tebing yang rencanakan akan dilaksana bulan depan di Cirebon. Dengan kegiatan sosialisasi dan sekolah panjat tebing diharapkan komunitas panjat tebing di Jabar Wilayah 3 dapat lebih berkembang dan membawa manfaat buat masyarakat yang lebih luas lagi.

Image-160
[15 Dec 2014] Pelatihan Dasar Panjat Tebing dan Vertical Rescue Parang 2014

Akhir minggu kemarin (12-14 Des) Komunitas Panjat Tebing Merah Putih (KPT Merah Putih) kembali mengadakan pelatihan panjat tebing dan pengenalan vertical rescue. Kegiatan diikuti oleh 53 peserta yang sebagian besar dari Purwakarta dan sekitarnya, Jakarta, Bandung dan Jawa Tengah.

Peserta mendapat pembekalan dari para instruktur  KPT Merah Putih tentang pemanjatan aman dan teknik dasar vertical rescue. Materi pemanjatan mengacu ke Standard Panjat Tebing Asia Tenggara.

Sebagai informasi, selama tahun 2014 KPT Merah Putih telah melaksanakan kegiatan pelatihan yang sama sebanyak 25 kali di berbagai daerah, dengan jumlah peserta mencapai 1.250 pemanjat. Secara keseluruhan jumlah yang telah mengikuti Sekolah Panjat Tebing Merah Putih mencapai lebih dari 7.000 pemanjat.

Image-156
[03 Dec 2014] Temu Wicara Kenal Medan XXVI Lampung

Sejak 1 Desember 2014 telah resmi di buka acara Temu Wicara Kenal Medan (TWKM) tingkat MAPALA se Indonesia yang ke-26. Acara TWKM kali ini bertempat di Provinsi Lampung yang terpusat di Universitas Negeri Lampung,

Acara yang rutin tiap tahun di adakan ini meliputi banyak kegiatan alam bebas yang salah satunya adalah Panjat Tebing. 

TWKM ke-26 ini Komunitas Panjat Tebing Merah Putih berkesempatan berbagi pengalaman dalam bidang Kenal Medan Panjat Tebing. Selama 5 hari peserta di bekali materi Panjat Tebing Alam dan Vertical Rescue.

Sebagai implementasi satu program Komunitas Panjat Tebing Merah Putih yaitu "Gerakan 1 Juta Pemanjat Tebing untuk Indonesia" dan "Gerakan 1 Juta Jalur Panjat Tebing untuk Indonesia" kegiatan ini merupakan salah satu tingkatan untuk merealisasikan program tersebut.

Image-151
[26 Nov 2014] Pendataan Tebing Alam

Informasi lengkap tebing-tebing di seluruh Indonesia merupakan hal yang sangat penting. Dengan informasi yang memadai, para pemanjat dapat melakukan kegiatan panjat tebing menjadi lebih efektif dan efisien. Bayangkan jika kita ingin pergi memanjat di suatu tempat yang tidak ada informasi tentang tebingnya sama sekali. Jenis batuannya apa, ketinggian tebing berapa, seberapa jauh tebing dari kota terdekat, maka kita akan sulit membuat perencanaan logistik yang harus disiapkan ujungnya kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk setiap kilogram barang yang kita bawa, terutama jika perjalanan dilakukan menggunakan penerbangan komersial.

Karena itulah sejak tahun 2008 kami telah memulai melakukan pengumpulan data tebing pemanjatan yang ada di Indonesia, data-data itu kemudian dikompilasi menjadi berbentuk katalog dengan alamat website http://katalog.panjattebing.org. Dengan jumlah tebing yang mungkin ribuan di seluruh Indonesia, tentunya akan menjadi pekerjaan besar untuk mengumpulkan datanya. Untuk itu kami mengajak partisipasi teman-teman di seluruh Nusantara untuk ikut membantu kami mengumpulkan data itu. Rekan-rekan dapat mengisi formulir yang telah kami sediakan yang dapat dapat didownload di alamat ini. Data-data yang teman-teman sampaikan, nantinya akan diverifikasi lebih lanjut agar data yang tersaji di Katalog Panjat Tebing Indonesia adalah data yang dapat diandalkan. Kami akan memberikan kredit kepada rekan-rekan yang datanya dipublikasi berupa pencantuman nama kontributor pada setiap data yang Rekan-rekan sampaikan.

Image-150
[26 Nov 2014] Sekolah Panjat Tebing Merah Putih: Parang 2014 Seri 2

Merah Putih Climbing Academy kembali akan menggelar sekolah panjat tebing di Gn Parang Kab Purwakarta Jawa Barat yaitu 12 -14 Desember 2014. Kegiatan ini merupakan yang kedua di tempat yang sama dan akan menjadi kegiatan sekolah yang ke-50 sejak pertamakali sekolah panjat tebing kita lakukan.

Kegiatan sekolah ini akan memberikan bekal bagi para penggiat agar dapat melakukan kegiatan panjat tebing yang aman dan menyenangkan. Selain itu peserta juga akan dibekali dengan pengetahuan dasar vertical rescue. Pelatihan secara efektif akan berlangsung selama 30 jam. Brosur pelatihan dapat didownload di alamat ini.

Gunung Parang adalah kawasan panjat tebing yang populer di kalangan pemanjat tebing. Terletak di Desa Cihuni, Kec Plered, Kab Purwakarta, Jawa Barat. Untuk mencapai kawasan ini dari Jakarta dapat ditempuh dengan kendaraan darat sekitar 3 jam.