Berita Terbaru

Image-170
[30 Apr 2015] Sejuta Pemanjat Tebing Untuk Indonesia

"Ambisius banget!", "Gila!". Ya, banyak komentar miring ditujukan untuk proyek Komunitas Panjat Tebing Merah Putih yang satu ini yaitu "Sejuta Pemanjat Tebing untuk Indonesia".

Proyek gila ini dicanangkan setelah tuntasnya Proyek 1.000 Jalur Panjat Tebing untuk Indonesia di Kawasan Pemanjatan Teluk Kabui Raja Ampat Papua Barat 2013 lalu.

Kenapa sih 1.000.000 pemanjat? Kok gak 1.000 atau 10.000 pemanjat aja? Ya, tebing-tebing di Indonesia dari Sabang sampai Merauke sangat banyak. Kalau cuma 1.000 atau 10.000 pemanjat gak akan cukup. Bayangkan, luas tebing yang dapat dipanjat di Kawasan Harau Kab 50 Kota Sumatera Barat saja setelah dihitung setidaknya dibutuhkan waktu minimal 5 tahun untuk dilakukan pembuatan jalur pemanjatan, dan 5 tahun itu pun harus melakukan pembuatan jalur setiap hari dengan asumsi setiap hari bisa membuat 3 jalur. Jadi dalam 5 tahun bisa dibuat sekitar 5.500 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan beragam. Jika setiap jalur menghabiskan biaya minimal Rp.1 juta, berarti para pemanjat akan memberikan sumbangsih kepada Kawasan Pemanjat Harau sebesar Rp.5.5 miliar. Hahaha...it's impossible guys..ya gak mungkin lah kita melakukan itu berdua atau bertiga.

Jika di Sumbar biaya pembuatan jalur "hanya" Rp.1 juta, maka di Kawasan Teluk Kabui Raja Ampat biaya itu bisa mencapai 2-3 kali lipat..karena tebing-tebing di sana "mengapung" diatas air..dengan biaya sewa perahu untuk bergerak dari tebing-ke-tebing yang diluar pikiran kita yang tinggal di kota besar macam Bandung atau Jakarta..ya karena di sana 1 liter solar 300% lebih mahal dari di Jawa! Jumlah tebingnya lebih banyak lagi..Jika Harau adalah sorga nya pemanjat tebing Indonesia, maka Raja Ampat adalah sorga yang paling tinggi...haha..

Hamparan tebing di seantero Nusantara itu akan tetap teronggok seperti itu atau malah hilang ditelan buldozer jika tidak ada pemanjat tebing yang akan memanfaatkannya. Jika kami melakukannya sendiri, sampai bongkok pun tidak akan tuntas. Ya, kami harus mengajak orang lain. Dan kita yakin dengan 1.000.000 pemanjat lah tebing-tebing itu akan tetap lestari dan menjadi indah. Berangkat dari fakta itu, kita pun mendapat ide untuk mengajak sebanyak orang ke tebing..kata banyak dalam bahasa Indonesia artinya adalah lebih dari 2, maka dipilihlah kata "1.000.000".

Is it possibe? Ya, sangat possible, karena Indonesia saat ini ada 240 juta penduduk. Di awal periode pencanangan, setidaknya kita telah menurunkan ilmu panjat tebing kepada 3.000 ribuan pemanjat, dalam waktu tidak lama lagi angka itu bisa menggapai 5.000 pemanjat. Lalu bagaimana merealisasikan 995.000 sisanya? Pertanyaan besar itu akan dijawab dengan konsep pencapaian yang juga besar. Kita percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Mari bergabung dengan kami menciptakan 1.000.000 Pemanjat Tebing untuk Indonesia.

Foto: Salah satu tebing utama di Langgeran, DIY

Image-169
[30 Apr 2015] Pesona Tebing Nglanggeran

Untuk warga Yogyakarta mungkin nama ini sudah tidak asing lagi. Nglanggeran adalah salah satu objek wisata Daerah Istiewa Yogyakarta yang tepatnya daerah Gn.Kidul, banyak orang mengenalnya dengan Gn.Api Purba.

Ada yang istimewa dari Gn.Api Purba ini, yang membuat pemanjat tebing terpikat dengan tebing-tebing yang menjulang di Gn.Api Purba ini. Tebing dengan jenis batuan “Breksi” ini mempunyai berbagai tingkat kesuilitan di tiap Blok Tebingnya, mulai dari yang mudah sampai dengan tingkat kesulitan yang susah.

Untuk menuju Tebing Nglanggeran kita hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit dai Kota Yogyakarta. Waktu yang cukup sebentar untuk menikmati keterjalan Tebing Nglanggeran. “Climb for Indonesia !!!”

Image-168
[22 Apr 2015] Sekolah Panjat Tebing Nglanggeran 2015

Sekolah Panjat Tebing Tebing Nglanggeran - Yogyakarta 2015

Kelas :Sport Climbing ++

Waktu : Jum’at-Minggu, 24-26 April 2015

Instruktur :

  1. Tedi Ixdiana      
  2. Tim 1000 Jalur Panjat Tebing untuk Indonesia

Fasilitas :

  1. Peralatan Panjat Tebing (Di Pinjamkan)
  2. Instruktur
  3. T-shirt
  4. Tenda
  5. Sertifikat
  6. Konsumsi Selama Kegiatan

Reservasi & Informasi :

Bandung :

  • Markas Indonesia Climbing Expedition
  • Jl Antapani 40 Bandung 40282

Yogyakarta :

  • EIGER ADVENTURE STORE 1
    • Jl. Kaliurang km. 5,5 Yogyakarta
    • Phone : 0274-552635
  • EIGER ADVENTURE STORE 2
    • Ruko YAP Square Kav.B1 Jl. C. Simanjuntak
    • Phone : 0274-586671
  • EIGER ADVENTURE STORE 3
    • Jl. Babarsari Ruko Raflesia Blok F
    • Phone: 0274-4332734

Konfirmasi Pendaftaran :

  • Chesar Pramastha : 082130999320
  • Agus Fitriyanto : 081326906225
  • Arfani Mujib : 081578123836

Biaya Pendaftaran :

  • Rp. 250.000,-

Formulir dan cara pendaftaran bisa di unduh di menu Dokumen/Formulir.

Image-165
[14 Mar 2015] Sosialisasi Keselamatan Panjat Tebing di Cirebon

Mulai hari ini (14/3) pukul 9 pagi tadi, KPT Merah Putih melakukan kegiatan Sosialisasi Keselamatan Panjat Tebing kepada komuniitas pemanjat tebing yang ada di Jawa Barat WIlayah 3 yang meliputi Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Kegiatan hari ini dipusatkan di Tebing Panjat Buatan Muhammadiyah, Kota Cirebon dan direncanakan akan berakhir besok setelah melakukan di Tebing Cubang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 20 pemanjat dari beberapa komunitas yang ada di Jabar wilayah ini.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan persiapan untuk menyelenggarakan Sekolah Panjat Tebing yang rencanakan akan dilaksana bulan depan di Cirebon. Dengan kegiatan sosialisasi dan sekolah panjat tebing diharapkan komunitas panjat tebing di Jabar Wilayah 3 dapat lebih berkembang dan membawa manfaat buat masyarakat yang lebih luas lagi.

Image-160
[15 Dec 2014] Pelatihan Dasar Panjat Tebing dan Vertical Rescue Parang 2014

Akhir minggu kemarin (12-14 Des) Komunitas Panjat Tebing Merah Putih (KPT Merah Putih) kembali mengadakan pelatihan panjat tebing dan pengenalan vertical rescue. Kegiatan diikuti oleh 53 peserta yang sebagian besar dari Purwakarta dan sekitarnya, Jakarta, Bandung dan Jawa Tengah.

Peserta mendapat pembekalan dari para instruktur  KPT Merah Putih tentang pemanjatan aman dan teknik dasar vertical rescue. Materi pemanjatan mengacu ke Standard Panjat Tebing Asia Tenggara.

Sebagai informasi, selama tahun 2014 KPT Merah Putih telah melaksanakan kegiatan pelatihan yang sama sebanyak 25 kali di berbagai daerah, dengan jumlah peserta mencapai 1.250 pemanjat. Secara keseluruhan jumlah yang telah mengikuti Sekolah Panjat Tebing Merah Putih mencapai lebih dari 7.000 pemanjat.

Image-156
[03 Dec 2014] Temu Wicara Kenal Medan XXVI Lampung

Sejak 1 Desember 2014 telah resmi di buka acara Temu Wicara Kenal Medan (TWKM) tingkat MAPALA se Indonesia yang ke-26. Acara TWKM kali ini bertempat di Provinsi Lampung yang terpusat di Universitas Negeri Lampung,

Acara yang rutin tiap tahun di adakan ini meliputi banyak kegiatan alam bebas yang salah satunya adalah Panjat Tebing. 

TWKM ke-26 ini Komunitas Panjat Tebing Merah Putih berkesempatan berbagi pengalaman dalam bidang Kenal Medan Panjat Tebing. Selama 5 hari peserta di bekali materi Panjat Tebing Alam dan Vertical Rescue.

Sebagai implementasi satu program Komunitas Panjat Tebing Merah Putih yaitu "Gerakan 1 Juta Pemanjat Tebing untuk Indonesia" dan "Gerakan 1 Juta Jalur Panjat Tebing untuk Indonesia" kegiatan ini merupakan salah satu tingkatan untuk merealisasikan program tersebut.

Image-151
[26 Nov 2014] Pendataan Tebing Alam

Informasi lengkap tebing-tebing di seluruh Indonesia merupakan hal yang sangat penting. Dengan informasi yang memadai, para pemanjat dapat melakukan kegiatan panjat tebing menjadi lebih efektif dan efisien. Bayangkan jika kita ingin pergi memanjat di suatu tempat yang tidak ada informasi tentang tebingnya sama sekali. Jenis batuannya apa, ketinggian tebing berapa, seberapa jauh tebing dari kota terdekat, maka kita akan sulit membuat perencanaan logistik yang harus disiapkan ujungnya kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk setiap kilogram barang yang kita bawa, terutama jika perjalanan dilakukan menggunakan penerbangan komersial.

Karena itulah sejak tahun 2008 kami telah memulai melakukan pengumpulan data tebing pemanjatan yang ada di Indonesia, data-data itu kemudian dikompilasi menjadi berbentuk katalog dengan alamat website http://katalog.panjattebing.org. Dengan jumlah tebing yang mungkin ribuan di seluruh Indonesia, tentunya akan menjadi pekerjaan besar untuk mengumpulkan datanya. Untuk itu kami mengajak partisipasi teman-teman di seluruh Nusantara untuk ikut membantu kami mengumpulkan data itu. Rekan-rekan dapat mengisi formulir yang telah kami sediakan yang dapat dapat didownload di alamat ini. Data-data yang teman-teman sampaikan, nantinya akan diverifikasi lebih lanjut agar data yang tersaji di Katalog Panjat Tebing Indonesia adalah data yang dapat diandalkan. Kami akan memberikan kredit kepada rekan-rekan yang datanya dipublikasi berupa pencantuman nama kontributor pada setiap data yang Rekan-rekan sampaikan.

Image-150
[26 Nov 2014] Sekolah Panjat Tebing Merah Putih: Parang 2014 Seri 2

Merah Putih Climbing Academy kembali akan menggelar sekolah panjat tebing di Gn Parang Kab Purwakarta Jawa Barat yaitu 12 -14 Desember 2014. Kegiatan ini merupakan yang kedua di tempat yang sama dan akan menjadi kegiatan sekolah yang ke-50 sejak pertamakali sekolah panjat tebing kita lakukan.

Kegiatan sekolah ini akan memberikan bekal bagi para penggiat agar dapat melakukan kegiatan panjat tebing yang aman dan menyenangkan. Selain itu peserta juga akan dibekali dengan pengetahuan dasar vertical rescue. Pelatihan secara efektif akan berlangsung selama 30 jam. Brosur pelatihan dapat didownload di alamat ini.

Gunung Parang adalah kawasan panjat tebing yang populer di kalangan pemanjat tebing. Terletak di Desa Cihuni, Kec Plered, Kab Purwakarta, Jawa Barat. Untuk mencapai kawasan ini dari Jakarta dapat ditempuh dengan kendaraan darat sekitar 3 jam.