Berita Terbaru

Image-78
[08 Jun 2014] Sanitasi di Tebing 125

Setelah lebih dari 20 tahun kawasan pemanjatan Tebing 125 tidak mempunyai sanitasi air yg mudah, kondisi ini menjadi salah satu halangan kawasan Tebing 125 tidak ramah bagi masyarakat awam yang harus berjalan ratusan meter untuk mencapai toilet. Hari ini 8 Juni 2014 Komunitas Panjat Tebing Merah Putih dibantu oleh   kopassus, kodam, kostrad, kedokteran unpad, kedokteran yarsi, pencinta alam,  menwa, yuda putra, pramuka, fpti, warga masyarakat sekitar citatah dan lainnya yang tidak dapat disebut satu-per-satu berusaha mengubah kondisi itu dengan membangun toilet dan memasang tangki air berkapasitas 1.000 liter. Toilet ini menjadi pelengkap dari saung-saung yang dibangun oleh dinas pariwisata Jabar beberapa tahun lalu. 

Kegiatan pembuatan toilet tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Peduli 125 yang berisi berbagai kegiatan sosial antara lain pemeriksaan kesehatan, pembagian alat tuilis untuk anak sekolah untuk masyarakat yang berdomisli di dalam kawasan Tebing 125. Ada juga penanaman pohon untuk menjaga dan menambah suasana hijau di sekitar tebing sehingga para pemanjat dapat berteduh ketika melakukan pemanjatan. 

Kegiatan yang digagas sejak dua bulan lalu mendapat dukungan dari berbagai pihak, dan berjalan tanpa hambatan. Diharapkan kegiatan sejenis dapat dilakukan di kawasan pemanjatan lain sehingga pemanjat tebing akan terus menjadi sahabat masyarakat sekitar kawasan pemanjatan. 

Logo77
[16 May 2014] Peduli Citatah-125 2014

Sebagai wujud dari salah satu aktifitas Komunitas Panjat Tebing Merah Putih yaitu konservasi kawasan pemanjatan, tanggal 6-8 Juni akan diadakan kegiatan Merah Putih Peduli Citatah 125. 

Kegiatan berbentuk penanaman pohon, bakti sosial kepada masyarakat sekitar tebing berupa pemeriksaan kesehatan dan pembagian alat tulis untuk anak usia sekolah. Selain itu tentu akan ada kegiatan pemanjatan bersama. Kegiatan ini dapat terselenggara atas partisipasinseluruh masyarakat Kawasan Citatah dan perhimpunan pemanjat tebing yang rutin memanjatvdi Citatah-125.

Peserta dipersilagkan untuk datang langsung ke lokasi dengan membawa perlengkapan untuk bermalam dan konsumsi masing-masing, tentunya jangan lupa dengan perlengkapan panjat tebing. Sampai ketemu di Citatah-125. 

Image-32
[21 Feb 2014] Sekolah Panjat Tebing Angkatan XXXV

Mulai hari ini (21 Feb) Komunitas Panjat Tebing Merah Putih melaksanakan kegiatan rutin Sekolah Panjat Tebing di Kawasan Panjat Tebing Gunung Parang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. 

Kegiatan sekolah yang ke-35 ini akan berlangsung selama tiga hari diikuti oleh 50 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang akan  mengikuti pelatihan sport climbing level 1 dan pengantar vertical rescue. 

Base camp kegiatan dipusatkan di Desa Cihuni yang berada di sisi Timur Gunung Parang, sedangkan kegiatan sekolah dilakukan di jalur pemanjatan yang ada di Tower 2 dan 3 Gunung Parang.

Gunung Parang adalah kawasan panjat tebing yang cukup populer di kalangan pemanjat tebing. Dengan ketinggian tebing yang mencapai 400 meter dan tingkat kesulitan jalur pemanjatan yang beragam, menjadi daya tarik yang tidak pernah kurang untuk dieksplorasi.

Logo28
[16 Feb 2014] Take Picture KompasTV

Sejak kemarin (15 Feb) pagi hingga hari ini dilakukan pengambilan gambar untuk suatu acara yang akan tayang di Kompas TV.

Pengambilan gambar dilakukan di dua tempat yaitu Tebing-125 Kawasan Citatah, Padalarang (Bandung Barat) yaitu melakukan pendakian tebing hingga ke puncak dan rappeling (turun tebing) di Air Terjun Situ Lembang (Kabupaten Cimahi).

Kegiatan tersebut melibatkan sedikitnya 7 personil, dua kendaraan roda-4 KPT Merah Putih dibawah koordinasi Tedi Ixdiana, dengan 4 personil dari Kompas TV.

Image-19
[30 Jan 2014] Komunitas Panjat Tebing Raja Ampat

Awal Januari lalu, KPT Panjat Tebing berhasil membentuk Komisariat di Kabupaten Raja Ampat. Komisariat berlokasi di Kawasan Pantai WTC, Waisai dan dinakodai oleh Rekan Abang, yang ikut membuka beberapa kawasan pemanjatan di Raja Ampat akhir Nopember tahun lalu bersama Tim Expedisi 1.000 Jalur.

Diharapkan dengan telah terbentuknya Komunitas Panjat Tebing di Raja Ampat, pengembangan kegiatan panjat tebing menjadi lebih terarah dan membawa manfaat untuk semua elemen masyarakat. Dalam tidak waktu lama lagi, Raja Ampat akan dikenal juga sebagai climbing center kelas dunia setelah sebelumnya dikenal sebagai diving center yang menjadi target semua diver di seluruh dunia.

Image-14
[30 Jan 2014] Peresmian KPT Merah Putih

Selamat! Setelah hampir setahun lamanya sejak proklamasi pembentukan Komunitas Panjat Tebing Merah Putih, akhirnya akte organisasi dibuat di notaris dengan tanggal 13 Des 2013. Dengan adanya akta notaris sebagai organisasi Komunitas kita telah resmi sebagai badan hukum yang diakui oleh negara, sehingga dapat menjalankan semua kegiatan Komunitas secara legal.

Kepengurus pertama Komunitas yang telah terbentuk berbarengan dengan proklamasi tahun 2012 lalu, pun telah secara resmi dituangkan dalam Aturan Peralihan Akte Organisasi. Ketua Umum Pengurus Besar Komunitas pertama kali dijabat oleh sahabat kita Tedi Ixdiana dan dibantu oleh Sekertaris Umum rekan Deden Wahyudin.

Selanjutnya organisasi akan melakukan beberapa langkah untuk kelengkapan administrasi yang tentunya akan membantu kelancaran jalannya organisasi.

Komunitas Panjat Tebing Merah Putih (KPT Merah Putih) akan bahu-membahu dengan elemen masyarakat lainnya dalam memajukan panjat tebing di Indonesia, sesuai dengan Anggaran Dasar Organisasi KPT Merah Putih terutama akan berperan melalui:

  1. Akademi Panjat Tebing
  2. Ekspedisi Panjat Tebing
  3. Pendataan Tebing
  4. Wisata Panjat Tebing
  5. Konservasi Tebing
  6. Jaring Vertical Rescue