Berita Terbaru

Image-113
[06 Oct 2014] Peningkatan Air Bersih dan Sanitasi Desa Cihuni Gunung Parang

Sejak kemarin (5 Okt) pagi dibantu warga, kita memulai kegiatan perbaikan kualitas sanitasi dan air bersih untuk sekitar 300 warga Desa Cihuni. Kegiatan akan terdiri dari pembuatan dua bak penampungan, pemasangan pipa penghubung kedua bak penampungan, pembangunan fasilitas mandi dan kakus untuk warga dan tamu desa, pembuatan tempat wudhu jamaah masjid, serta pemasangan titik pengambilan air bersih bagi warga desa. Jika tidak ada halangan, kegiatan akan selesai dan seluruh fasilitas diresmikan pada 18 atau 19 Oktober 2014.

Desa Cihuni adalah satu perkampungan yang terletak di sisi timur Gunung Parang, Kabupaten Purwakarta. Selama ini warga desa memanfaatkan sumber mata air yang sangat terbatas yang ada di kaki Tower-3 sisi timur, yang telah dimanfaatkan sejak puluhan tahun yang lalu.

Dengan kegiatan perbaikan kualitas air bersih dan sanitasi ini semoga menjadi sumbangan bagi peningkatan kualitas hidup warga desa Cihuni yang dapat dimanfaatkan sepanjang waktu.

Image-112
[01 Oct 2014] Berlatih Vertical Rescue Bersama Tim TAGANA Kab.Sumedang

Bertempat di bumi perkemahan Ciburial Licin, Cimalaka - Kab.Sumedang, Jawa Barat Tim Vertical Rescue Indonesia melaksanakan pelatihan Vertical Rescue Tingkat Dasar bersama TAGANA (Taruna Tanggap Bencana) Kab.Sumedang, Jawa Barat. Pelatihan yang dilaksanakan dua hari mulai dari tanggal 29 September 2014. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personil TAGANA Kab Sumedang dalam menangani kecelakaan atau bencana, khususnya kecelakaan atau bencana di medan vertikal yang mungkin akan terjadi di wilayah Kab Sumedang. 

Logo105
[21 Sep 2014] Memulung Data Tebing Nusantara

Di jaman yang sudah modern ini dimana informasi dapat dicari dengan mudah di Internet perlu ada orang-orang yang sangat baik (baik saja tidak cukup) untuk berbagi informasi yang dimilikinya, khususnya tentang data tebing pemanjatan.

Para pemanjat seluruh Indonesia dikoordinir oleh Komunitas Panjat Tebing Merah Putih telah melakukan pemulungan data-data kawasan pemanjatan, tebing dan jalur pema njatan dari Sabang hingga Papua.

Kegiatan pemulungan telah berlangsung lebih dari lima tahun , sedangkan kompilasi data hasil pulungan telah ditampilkan dalam web berbentuk katalog dengan alamat http://katalog.panjattebing.org. Sebetulnya seluruh teman-teman (pemanjat atau bukan) dapat ikut berkontribusi agar katalog terus meningkat isinya. Karena tidaklah mungkin memulung seluruh data yang berserakan itu hanya menggunakan beberapa gelintir tangan pemanjat saja.

Image-101
[17 Sep 2014] Sekolah Panjat Tebing Tingkat Dasar

Berikut adalah informasi tentang penyelenggarakan Sekolah Panjat Tebing Tingkat dasar yang diselenggarakan oleh Sekolah Panjat Tebing Merah Putih yang bertempat di kawasan Tebing Citatah 125 - Padalarang Jawa Barat. Dengan program barunya di Tahun 2014 yaitu "Gerakan 1 Juta Pemanjat Tebing untuk Indonesia", demi pencapaianya Sekolah Panjat Tebing Merah Putih menyelenggarakan Sekolah Panjat Tebing dengan Persyaratan :

  1. Minimal usia 14 tahun.
  2. Memenuhi persyaratan administrasi
  3. Sehat Jasmani dan Rohani.

Informasi lebih lanjut hubungi :

Hp : 082130999320

Image-87
[18 Jun 2014] Kerja Pada Ketinggian: Menggiurkan dan Berisiko

Melakukan kegiatan pada ketinggian adalah satu kegiatan yang mempunyai risiko sangat tinggi, hanya mereka yang terlatih yang dapat melakukannya. Karena risikonya sangat tinggi wajarlah jika para pekerjanya mendapat bayaran yang jauh lebih tinggi dari kegiatan kerja yang sama jika pekerjaan tidak dilakukan pada ketinggian. 

Satu risiko yang mudah dikenali dari kerja pada ketinggian adalah jatuh. Akibat dari jatuh semua orang faham. Untuk dapat melakukan kerja pada ketinggian dengan aman, kita harus mendapatkan pelatihan dari instruktur yang berpengalaman. Para instruktur akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan untuk menghadapi risiko yang ada, dan tentunya dengan mengajarkan sikap kerja (atitude) yang diperlukan sehingga kegiatan kerja dapat dilakukan dengan aman. 

Senin (16 Juni) kemarin Komunitas Panjat Tebing Merah Putih bekerjasama dengan Asosiasi Kerja Pada Ketinggian Indonesia mengadakan pelatihan berbeasis kompetensi kerja pada ketinggian tingkat teknisi 1 di kawasan Arcamanik, Bandung, Jawa Barat. Pelatihan diikuti oleh 22 peserta yang datang dari berbagai daerah termasuk Jakarta, Pangkal Pinang dan tentunya Bandung sendiri. Pelatihan dipimpin oleh Haddy A Chalidi yang akrab dipanggil Bony, yang sudah berpengalaman dengan kerja pada ketinggian sejak tahun 2006. Pelatihan berisi materi tentang peraturan keselamatan dan kesehatan kerja dan teknik melakukan kegiatan kerja pada ketinggian. Silabus pelatihan mengacu pada standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) untuk bidang kerja pada ketinggian yang telah disyahkan pada tahun 2012. 

Setelah pelatihan dilakukan uji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) K3 Indonesia. Peserta uji kompetensi yang dinyatakan lulus ujian akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari LSP K3 Indonesia yang berafiliasi dengan Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP). Sertifikat ini layaknya surat ijin mengemudi (SIM) bagi pengendara kendaraan bermotor. Dengan sertifikat ini pekerja menjadi legal melakukan kerja pada ketinggian. 

Image-78
[08 Jun 2014] Sanitasi di Tebing 125

Setelah lebih dari 20 tahun kawasan pemanjatan Tebing 125 tidak mempunyai sanitasi air yg mudah, kondisi ini menjadi salah satu halangan kawasan Tebing 125 tidak ramah bagi masyarakat awam yang harus berjalan ratusan meter untuk mencapai toilet. Hari ini 8 Juni 2014 Komunitas Panjat Tebing Merah Putih dibantu oleh   kopassus, kodam, kostrad, kedokteran unpad, kedokteran yarsi, pencinta alam,  menwa, yuda putra, pramuka, fpti, warga masyarakat sekitar citatah dan lainnya yang tidak dapat disebut satu-per-satu berusaha mengubah kondisi itu dengan membangun toilet dan memasang tangki air berkapasitas 1.000 liter. Toilet ini menjadi pelengkap dari saung-saung yang dibangun oleh dinas pariwisata Jabar beberapa tahun lalu. 

Kegiatan pembuatan toilet tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Peduli 125 yang berisi berbagai kegiatan sosial antara lain pemeriksaan kesehatan, pembagian alat tuilis untuk anak sekolah untuk masyarakat yang berdomisli di dalam kawasan Tebing 125. Ada juga penanaman pohon untuk menjaga dan menambah suasana hijau di sekitar tebing sehingga para pemanjat dapat berteduh ketika melakukan pemanjatan. 

Kegiatan yang digagas sejak dua bulan lalu mendapat dukungan dari berbagai pihak, dan berjalan tanpa hambatan. Diharapkan kegiatan sejenis dapat dilakukan di kawasan pemanjatan lain sehingga pemanjat tebing akan terus menjadi sahabat masyarakat sekitar kawasan pemanjatan. 

Logo77
[16 May 2014] Peduli Citatah-125 2014

Sebagai wujud dari salah satu aktifitas Komunitas Panjat Tebing Merah Putih yaitu konservasi kawasan pemanjatan, tanggal 6-8 Juni akan diadakan kegiatan Merah Putih Peduli Citatah 125. 

Kegiatan berbentuk penanaman pohon, bakti sosial kepada masyarakat sekitar tebing berupa pemeriksaan kesehatan dan pembagian alat tulis untuk anak usia sekolah. Selain itu tentu akan ada kegiatan pemanjatan bersama. Kegiatan ini dapat terselenggara atas partisipasinseluruh masyarakat Kawasan Citatah dan perhimpunan pemanjat tebing yang rutin memanjatvdi Citatah-125.

Peserta dipersilagkan untuk datang langsung ke lokasi dengan membawa perlengkapan untuk bermalam dan konsumsi masing-masing, tentunya jangan lupa dengan perlengkapan panjat tebing. Sampai ketemu di Citatah-125. 

Image-32
[21 Feb 2014] Sekolah Panjat Tebing Angkatan XXXV

Mulai hari ini (21 Feb) Komunitas Panjat Tebing Merah Putih melaksanakan kegiatan rutin Sekolah Panjat Tebing di Kawasan Panjat Tebing Gunung Parang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. 

Kegiatan sekolah yang ke-35 ini akan berlangsung selama tiga hari diikuti oleh 50 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang akan  mengikuti pelatihan sport climbing level 1 dan pengantar vertical rescue. 

Base camp kegiatan dipusatkan di Desa Cihuni yang berada di sisi Timur Gunung Parang, sedangkan kegiatan sekolah dilakukan di jalur pemanjatan yang ada di Tower 2 dan 3 Gunung Parang.

Gunung Parang adalah kawasan panjat tebing yang cukup populer di kalangan pemanjat tebing. Dengan ketinggian tebing yang mencapai 400 meter dan tingkat kesulitan jalur pemanjatan yang beragam, menjadi daya tarik yang tidak pernah kurang untuk dieksplorasi.